Sabtu, 05 Oktober 2013
Afrikaans Arabic English French German Italian Japanese Russian Spanish Thai
  • TWA. Danau Matano
    TWA. Danau Matano
    Nikmati panorama alam danau air tawar dataran tinggi dan manjakan diri anda dengan mandi atau berendam di tepi danau ...
  • TWA. NANGGALA III
    TWA. NANGGALA III
    Kabut tebal senantiasa menyelimuti kawasan TWA. Nanggala III ...
  • TWA. Danau Towuti
    TWA. Danau Towuti
    Ketenangan dan kedamaian dapat kita nikmati di kawasan TWA. Danau Towuti ...
  • TWA. MALINO
    TWA. MALINO
    Panorama alam dan udaranya yang sejuk menjadikan kawasan ini sebagai alternatif tujuan wisata akhir pekan ...
  • TWA. Danau Towuti
    TWA. Danau Towuti
    Danau terbesar kedua di Indonesia ini banyak menyimpan potensi yang belum tereksplorasi ...
  • Sarambu ma'gandang
    Sarambu ma'gandang
    Air terjun ini merupakan salah satu potensi daya tarik wisata di kawasan TWA. Nanggala III ...
  • TWA. SIDRAP
    TWA. SIDRAP
    Goa Kelelawar, salah satu potensi daya tarik wisata kawasan TWA. Sidrap
  • TWA. LEJJA
    TWA. LEJJA
    Setiap akhir pekan, kawasan ini tidak pernah sepi oleh pengunjung ...

Pemusnahan Barang Bukti Opset Satwa Liar

SIARAN PERS
Nomor : S 629/PHM-1/2012
PEMUSNAHAN BARANG BUKTI OPSET SATWA LIAR

Kementerian Kehutanan Republik Indonesia pada tanggal 12 November 2012 di Plaza Manggala Wanabakti melakukan acara Pemusnahan Barang Bukti Opset Satwa Liar. Acara yang dihadiri oleh Kapolri dan Menteri Lingkugan hidup ini bertujuan untuk menegakan hukum pemberantasan atas jual beli satwa yang dilindungi baik kedaan hidup maupun mati.

Berbagai operasi dan pengawasan terus dilakukan demi tegaknya peraturan hukum khususnya UU No.5 Tahun 1990 untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati. Dan sampai sekarang telah terkumpul 955 barang bukti yang terdiri dari 75 jenis opset satwa liar atau bagian-bagiannya, diantaranya 10 opset Harimau Sumatera, 1 ekor opset anak gajah, 5 ekor beruang madu, 5 ekor macan tutul, 2 lembar kering kulit harimau sumatera, 12 lembar basah kulit harimau sumatera, 28 ekor cenderawasih dan lainnya.
Barang bukti opset satwa yang dalam kondisi baik sebanyak 554 buah dan disimpan di seluruh UPT Ditjen PHKA, antara lain terdiri dari 13 ekor opset satwa harimau dalam kondisi utuh, 6 lembar kulit harimau kering harimau sumatera, 4 lembar kulit basah harimau sumatera, 3 ekor opset macan tutul, 1 ekor opset badak jawa, 1 buah cula badak jawa, 3 ekor opset elang jawa, dan 521 buah opset satwa kelas mamalia, aves, reptil, bivalvia, dan coral.
Perlakuan Pemerintah terhadap barang sitaan yang berupa opset satwa yang masih dalam kondisi baik akan digunakan sebagai bahan penelitian dan pendidikan konservasi di UPT setempat dan yang mengalami kerusakan akan dimusnahkan seluruhnya, sedangkan yang berupa satwa liar yang masih hidup akan dilepasliarkan kembali ke alam.
Indonesia merupakan Negara dengan kekayaan sumber daya alam hayati terbesar ke-3 di dunia sehingga dijuluki megabiodiversity country. Tidak kurang dari 515 spesies mamalia dan 511 spesies reptil serta 1.531 spesies burung yang terdapat di Indonesia. Ditambah lagi 270 spesies amfibia, 2.827 spesies invertebrate dan 38 ribu spesies tumbuhan. Hal ini merupakan modal yang besar untuk dikelola dengan benar bagi kesejahteraan rakyat Indonesia.
Jakarta, 9 November 2012
Kepala Pusat Humas Kehutanan

 

 

S u m a r t o
NIP. 19610708 198703 1 00

 

Sumber : dephut.go.id